Indonesia ‘Dream Team’ vs Arsenal

Minggu, 14 Juli 2013 , Indonesia kedatangan tamu salah satu team sepak bola terbesar dari Inggris.  Arsenal, kedatangan mereka dalam rangka tour asia sekaligus untuk persiapan pra musim. Indonesia menjadi negara pertama dalam tour mereka sebelum mereka mengunjungi beberapa negara Asia lainnya.

Indonesia memang sudah dikenal dengan salah satu negara yang mempunyai supporter sepak bola paling besar dan paling ‘gila’ dan Arsenal merupakan salah satu club sepakbola yang memiliki fan base yang cukup besar di Indonesia. Kedatangan mereka memang sudah ditunggu-tunggu oleh ‘the gooners’ Indonesia.

Jujur saya bukan fans Arsenal dan pada pertandingan kemarin saya murni dukung tim Indonesia. Di sini saya hanya ingin berbagi opini saja mengenai pertandingan kemarin dari sisi pandang saya sebagai pendukung timnas.

The Dream Team

Tim dari Indonesia di pegang oleh Jackson Thiago yang menurut saya dia memang cukup berhasil dengan Persipura nya yang punya prestasi stabil. Tapi hal pertama yang saya pikirkan adalah, kenapa namanya ‘Dream Team’ ?? saya ga ngerti itu yang kasih nama siapa, tapi yang pasti agaknya kurang pantas kalo di beri nama Dream Team melihat permainan yang seperti itu membuat arti Dream Team jadi ambigu, itu maksudnya Tim Impian atau Tim yang Ngimpi??

Materi pemainnya saya rasa kurang pas dan gaya permainan yang masih kacau, tapi kurang tepat juga kalau protes soal itu karena mengingat ini friendly match , mungkin ada faktor si pelatih masih coba-coba meracik pemain dan gaya permainan.

Tim masa depan

Sehari sebelumnya saya juga menonton laga Timnas U23 vs Singapura U23 walaupun kalah (juga) tapi saya cukup puas dengan permainan timnas kita yang terlihat lebih rapi dan mampu memainkan bola-bola pendek khas rahmat darmawan dengan cukup tenang,  hanya memang materi penyerang kita yang kurang tajam dan keberuntungan belum dipihak kita. Ketika itu saya berpikir jika timnas kita punya permainan seperti itu dengan materi pemain timnas senior pasti Indonesia bakal keren. Ekpektasi saya pun cukup tinggi terhadap timnas.

Yak, Arsenal berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 7-0, saya ga masalah dengan skornya ataupun kalahnya karena yang saya harapkan hanyalah timnas mampu menyajikan permainan apik dan ada perlawanan, itu saja. Tapi nyatanya saya di bikin kecewa, passing pemain-pemain Dream Tim ini kacau, komunikasi antar pemain jelek dan banyak kesalahan-kesalahan yang dibuat pemain Dream Team ini.

Salah siapa??
nah, kalau di tanya salah siapa, saya juga bingung salahnya dimana. Saling menyalahkan pun bukan solusi yang tepat untuk timnas kita, toh buktinya mulai dari pelatih, PSSI sampai mentri olahraga udah ganti ya hasilnya sama saja. Banyak yang berkomentar kalau pertandingan kemarin itu masalah mental, karena lawan tim sekelas Arsenal trus mental timnas agak down.
Mental ga bisa disalahkan, karena mereka yang bermain di lapangan merupakan orang-orang pilihan dan pemain sepakbola profesional.  Hal ini  membuat saya teringat Piala Konfederasi di Brasil beberapa waktu lalu, yang menarik perhatian adalah timnas Tahiti yang pemainnya sebagian besar bukan dari kalangan pemain bola profesional. Sebagian merupakan penggangguran, sopir truk, guru olahraga, namun mereka punya mental yang cukup untuk bermain di level internasional.
Jadi, masih menyalahkan mental pemain..???ga malu sama Tahiti?? Sudah saatnya timas Indonesia berhenti mengkambing hitamkan ‘mental pemain’ ataupun ‘fisik mungil’ agar dapat menjadi timnas yang kuat.

Harapan saya kedepan semoga timnas Indonesia dapat belajar, terus berlatih, dan mempunyai semangat juang tinggi agar dapat mengulangi kejayaan kita, setidaknya di tingkat Asia tenggara lah. Biarlah kejadian yang sudah menjadi suatu pelajaran yang membangun, bukan menjadi bahan untuk saling menyalahkan atau mencari kambing hitam. Maju terus Indonesia.

Leave a Reply

