Hitam Putih Teknologi di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi masa kini tak dapat dibendung lagi, dalam rentang waktu yang terbilang sangat  singkat, kemajuan teknologi bisa terlihat sangat jelas. Kemajuan teknologi ini bagaikan pedang bermata dua yang membawa banyak dampak terhadap berbagai aspek kehidupan di dunia, memberi dampak positif bagi yang sudah siap dengan kemajuan ini dan dampak negatif bagi yang belum.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang merasakan kemajuan teknologi digital belakangan ini. Dengan jumlah penduduk yang padat, Indonesia menjadi ‘lahan bagus’ bagi  perkembangan teknologi digital. Mulai dari teknologi dunia maya hingga teknologi hardware, tumbuh subur di negara ini. Sebagai contoh, sebagian besar pengguna jasa di beberapa jejaring sosial dunia maya seperti Facebook dan Twitter terdapat di Indonesia. Indonesia juga menjadi sasaran utama perusahaan-perusahaan gadget di dunia, mulai dari handphone, tablet hingga smartphone. Namun dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat di Indonesia, muncul beberapa pertanyaan yang patut dipikirkan: “Benarkah masyarakat Indonesia sudah melek teknologi?” dan ”Siapkah masyarakat Indonesia menghadapi kemajuan teknologi?”

Pemanfaatan teknologi di Indonesia

Teknologi sudah menjadi suatu gaya hidup di Indonesia. Namun anehnya, sebagian masyarakat di Indonesia mempunyai gaya hidup yang negatif, yaitu gaya hidup yang ‘latah’ dan gengsi. Jika teman saya punya barang A maka saya pun harus punya, kalo ga punya berarti ga gaul, gengsi donk ..!  Kira-kira begitulah kalimat yang dapat mendeskripsikan gaya hidup di Indonesia. Contoh kasus real yang terdapat di negara kita adalah fenomena  Blackberry, beberapa waktu lalu handphone Blackberry menjadi salah satu gadget idola yang membuat masyarakat di seluruh penjuru Indonesia tergila-gila. Begitu gilanya hingga ada sekelompok orang yang rela berdesak-desakan hingga memakan korban hanya untuk membeli sebuah Blackberry keluaran terbaru dengan diskon yang menggiurkan bagi mereka. Saati ini fenomena itu mulai menghilang dan tergantikan dengan fenomena produk Apple dan smartphone serta tablet Android.

Bukanlah pemandangan yang aneh lagi jika kita melihat seorang bocah SD yang membawa iPad kemanapun ia pergi, atau seorang ibu rumah tangga yang punya smartphone baru super canggih, padahal mereka hanya menggunakannya hanya untuk bermain Angry Bird atau sekedar sms dan telepon, intinya mereka tidak mengerti dengan teknologi yang sedang mereka pegang. Sungguh disayangkan memang, dengan teknologi secanggih dan semahal itu namun tidak digunakan dengan maksimal dan cenderung sia-sia.

Kasus-kasus di atas hanyalah sedikit contoh masyarakat Indonesia yang belum siap akan kemajuan teknologi. Apakah Anda termasuk di dalamnya?? Memang tak semua masyarakat Indonesia yang seperti itu, banyak juga masyarakat yang sudah bisa dan siap memanfaatkan kemajuan teknologi  digital yang sudah ada. Sebagai contoh, bisnis dan toko-toko online yang mulai ramai bermunculan,  pemanfaatan teknologi internet untuk media pembelajaran ,penggunaan blog  sebagai sarana berbagi informasi dan masih banyak lagi.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita memang harus cerdas menghadapi kemajuan teknologi digital di masa kini. Manfaatkanlah teknologi yang ada semaksimal mungkin, jangan hanya menjadi korban teknologi yang sekedar ikut-ikutan untuk gengsi atau gaya. Karena dengan memanfaatkan teknologi yang ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti mengikuti kuis blog yang diadakan komunitas ngawur  yang sedang saya ikuti saat ini. Mari kita manfaatkan teknologi…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s